Monday, February 8, 2016

Pendidikan dan Pelatihan

Pengertian Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan adalah usaha sistematik yang disengajakan, yang dibuat oleh sesuatu masyarakat untuk menyampaikan pengetahuan, nilai, sikap dan kemahiran kepada ahlinya, usaha memperkembangkan potensi individu dan perubahan yang berlaku dalam diri manusia.

Pengertian Pelatihan adalah Nadler dan Wiggs mendefinisikan pelatihan (training) sebagai teknik-teknik yang memusatkan pada belajar tentang 4 keterampilan-keterampilan, pengetahuan dan sikap-sikap yang dibutuhkan untuk memulai suatu pekerjaan atau tugas-tugas atau untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas.

Menurut Sondang P. Siagian (1983 : 180) memberikan pengertian dan maksud dari kedua Istilah diatas: Pendidikan adalah keseluruhan proses, teknik dan metode mengajar hati dalam rangka mengalihkan sesuatu pengetahuan dari seseorang tidak ditunjukan kepada orangutan yang lain dengan standart yang memiliki sebelumnya ditetapkan. Sedangkan pelatihan adalah seluruh proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu.

Menurut John Suprihanto (1988 : 86) Pendidikan dan pelatihan adalah suatu proses pembinaan pengertian dan pengetahuan terhadap kelompok fakta, aturan serta metode yang terorganisasikan dengan megutamakan pembinaan, kejujuran dan ketrampilan.

Sedangkan latihan lebih mengembangkan ketrampilan teknis sehinga pegawai dapat menjalankan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. latihan berhubungan dengan pengajaran telkom pekerjaan dan waktunya lebih singkat serta kurang formal.

Perbedaan kedua istilah itu pada intinya mengarahkan bahwa pelatihan dimaksudkan untuk review membantu meningkatkan kemampuan pegawai melaksanakan telkom sekarang, sedangkan pendidikan lebih berorientasi pada peningkatan produkktivitas kerja pegawai di masa depan. akan tetapi perbedaan itu tidak perlu ditonjolkan karena kedua pengertian itu umumnya digunakan bersama-sama. dari beberapa pengertian di perbedaan, dapat disimpulkan bahwa pelakasanaan pendidikan dan pelatihan pada menitikberatkan: membantu pegawai hati menambah pengetahuan dan ketrampilan. pengetahuan dan ketrampilan tersebut sangat erat hubungannya dengan pekerjaan sekarang ataupun masa yang akan datang. pelaksanaan pendidikan dan pelatihan haruslah direncanakan dan diorganisasikan ulasan untuk review mendapatkan efektivitas hati pelaksanaan pendidikan dan latihan itu sendiri.

Daftar Pustaka
  1. Sondang p. siagian, 1992, manajemen sumber daya manusia, bumi Aksara, Jakarta.
  2. Soekidjo Notoatmodjo, 1992, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kelima CETAKAN, PT Rineka Cipta, Jakarta.

No comments:

Post a Comment